Selasa, 28 September 2010

IMPLEMENTATION OF MARKETING MANAGEMENT PRACTICE DENTIST TO FACE GLOBALIZATION ERA

Globalisasi merupakan perubahan jaman yang terus berlangsung dan dapat dianggap sebagai salah satu alasan bahwa manusia harus berubah. Dalam era globalisasi yang sedang berlangsung di dunia ini, terutama dengan adanya perdagangan bebas kawasan Asean (Asean Free Trade Area) yang dimulai tahun 2003 akan meningkatkan persaingan dibidang jasa pelayanan kesehatan (Usri dan Moeis, 1996). Dalam era globalisasi juga akan terjadi perkembangan di berbagai bidang yang mempengaruhi berbagai peningkatan kebutuhan masyarakat, baik peningkatan kualitas maupun kuantitas sarana pelayanan kesehatan gigi maupun sumber daya manusia yang mempunyai pandangan maju. Dengan adanya era globalisasi ini, dapat memungkinkan masuknya pelayanan kesehatan gigi dari luar negeri ke Indonesia secara bebas sehingga dapat terbentuk persaingan lahan praktek.
Di sisi lain, dokter gigi perlu mengantisipasi secara tepat adanya perubahan tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang semakin sadar hukum dan haknya terhadap pelayanan kesehatan. Hal ini tercermin dalam UU no.8/1999 tentang perlindungan konsumen. Hal ini mendorong adanya pengawasan dan pengendalian mutu secara keprofesian. Dokter gigi harus senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran (dihitung dalam unit Satuan Kredit Profesi) dan mampu menerapkannya secara etis dan benar. Untuk itu telah lahir perangkat-perangkat pengendalian mutu dokter gigi melalui ketentuan registerasi dan lisensi oleh Konsil Kedokteran Gigi Indonesia dan diberlakukan standar-standar keprofesian oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (Matram, 2001).
Dalam menjalankan tugas keprofesiannya, dokter gigi disaat ini dan dimasa mendatang berada dalam situasi yang kompetitif. Untuk mengantisipasi persaingan di atas, dokter gigi juga perlu merancang dan membentuk suatu strategi serta program pemasaran yang baik.


0 komentar:

Posting Komentar